oleh

Ratusan Anak Mengikuti Jambore Anak Inklusi Kota Medan

MEDAN – Ratusan anak-anak mengikuti Jambore Anak Inklusi Kota Medan yang diselenggarakan Pemko Medan melalui Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (P3APM) Kota Medan di Taman Cadika Pramuka Jalan Karya Wisata, Medan, Minggu (8/9). Acara yang digelar dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional juga dirangkaikan dengan Puncak Penganugrahan Festival Film dan Teater Anak 2019.

Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi yang hadir dalam acara itu, memberikan penganugrahan kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Anak 2019 yang terpilih selama 3 hari pelaksanaan Jambore Anak berlangsung.

Sejak 6-8 September, sebanyak 350 anak yang berasal dari Forum Anak Kecamatan, Forum Anak Kota Medan serta Lembaga Pemerhati Anak telah berkumpul di Taman Cadika Pramuka untuk mengikuti Jambore Anak. Menurut Kepala Badan P3APM Khairunisa, selain registrasi, hari pertama juga diisi dengan festival seni budaya dan malam keakraban. Di hari kedua dilanjutkan dengan Festival Film Anak dan Festival Teater Anak.

Sedangkan hari ketiga kata Khairunisa, diisi dengan lomba menyanyi lagu anak serta lomba mewarnai TK PAUD yang diikuti anak-anak dari PAUD Kecamatan serta Lembaga Pemerhati Anak diantaranya PKPA, KKSP dan SOS. “Melalui rangkaian kegiatan yang digelar dalam Jambore Anak, diharapkan anak-anak akan tumbuh sehat, kreatif serta berahlak mulia sehingga berguna bagi bangsa dan negara, khususnya mengisi pembangunan di Kota Medan,” kata Khairunisa didampingi Camat Medan Johor Zul F Ahmady.

Sekaitan itulah Wakil Wali Kota mengajak semua, khususnya para orang tua untuk memenuhi hak anak dengan penuh tanggung jawab. “Insya Allah anak- kita kelak tumbuh menjadi insan yang memiliki m nyak yang tangguh, cerdas dan kompetitif. Kemudian berkepribadian luhur, santun, jujur serta berahlak mulia,” kata Wakil Wali Kota.

Di samping itu tambah Wakil Wali Kota lagi, orang tua diingatkannya harus pro aktif dalam memberikan bimbingan agar sang anak menghormati guru dan pemimpin-pemimpinnya, sayang kepada orang tua dan lingkungan sehingga nantinya dapat
Mencintai bangsa dan tanah air.

Selanjutnya Wali Kota menjelaskan, Pemko Medan bertekad dan memprioritaskan Kota Medan menjadi Kota Layak Anak (KLA). Kemudian memfasilitasi berbagai kegiatan untuk penguatan dan ruang partisipasi anak. Adapun upaya yang telah dilakukan Pemko Medan, jelasnya, membangun komitmen dalam meningkatkan perlindungan anak serta memenuhi hak-hak anak dengan mengupayakan akte kelahiran gratis.

“Di samping itu Pemko Medan juga akan memingkatkan fasilitas-fasilitas seperti ruang khusus bagi anak-anak di rumah sakit, menyediakan ruang bermain di sejumlah taman serta ruang baca di perpustakaan serta fasilitas lainnya,” ungkapnya.

Di penghujung arahannya, Wakil Wali Kota berharap agar kegiatan yang digelar ini dapat bermanfaat dalam mengasah pengetahuan dan ketrampilan anak sehingga ke depannya keinginan untuk menjadikan Medan sebagai Kota Layak Anak dapat terwujud.(Red)

Komentar

Berita Lainnya