oleh

KPPBC Belawan Melaksanakan Pemusnahan Barang Ilegal

Belawan – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Belawan, melaksanakan pemusanahan barang ilegal milik negara bernilai Rp 140 juta lebih. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman gudang tempat penyimpanan barang bukti Bea Cukai, Jalan Anggada II, Belawan, Sumatera Utara, Kamis (29/08/2019).

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean Belawan, Tri Utomo, mengatakan, sesuai Pasal 17 Undang-Undang No 17 Tahun 2006 tentang perubahan atas UU No 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan, disebutkan barang yang menjadi milik negara yang tidak diselesaikan oleh pemiliknya dalam jangka waktu 60 hari, terhitung sejak disimpan di tempat penimbunan pabeanan.

Adapun barang yang dimusnahkan tersebut, berupa 512.400 batang rokok ilegal, 787 botol minuman keras yang mengandung alkhol ilegal dan 108 ball pakaian bekas.

“Barang-barang yang dimusnahkan ada yang beradal muatan KM Kelud dari pelabuhan bebas Batam dan barang impor yang terkena pembatasan impor,” kata Tri.

Tri juga menyebutkan bahwa nilai immaterial yang diselamatkan BC tidak dapat dihitung, karena kerugian yang ditimbulkan jika barang yang akan dimusnahkan berada di pasar bebas atau masyarakat berupa akan berdampak pada terganggunya pertumbuhan industri tekstil dalam negeri dan potensi terjangkitnya penyakit menular dari pakaian bekas dan meningkatnya kerawanan sosual akibat penjualan miras.

Turut hadir dalam pemusnahan tersebut, Kasat Rekrim Polres Pelabuhan Belawan, Kejaksaan Belawan, Otoritas Pelabuhan, Kesyabandaran Utama Belawan, Lantama 1 Belawan dan Karantina.(JP/TOP)

Komentar

Berita Lainnya