oleh

Boydo Panjaitan : Sudah Saatnya Pemko Medan Memikirkan Pedagang

MEDAN – Sejak ikut campur tangan Pemerintah Kota Medan terhadap kebijakan dan peraturan dilingkungan Pasar semua pasar di kota Medan bermasalah,seperti pasar Pringan,pasar Aksara,pasar Marelan,pasar Ksmpung Lalang dan Pasar Aksar,terkait pembangunan 75 kios di lantai 3 Pusat Pasar.

Hal itu dipaparkan oleh Ketua Komisi III DPRD Kota Medan Boydo HK Panjaitan di rapat Dengar Pendapat dengan Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya,Kabid Ekonomi Bappeda Medan Regen,dan Azuar Hasibuan dari Aliansi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSINDO) diruang komisi III DPRD Medan,Selasa (23/07/ 2019).

Karena menurutnya untuk apa dibongkar 75 kios tersebut,ini menambah panjang daftar persoalan pasar di kota Medan,sebab pedagang sudah nyaman melakukan trangsaksi jual beli disana,dan pengunjungnya juga rame.

“Sudah saatnya Pemko Medan memikirkan pedagang,jangan buat kebijakan yang membuat pedagang tidak nyaman melakukan transaksi dengan pembeli,”kata Boydo.

Dan Boydo mengutaraka kenapa persoalan ini muncul padahal pembangunan 75 kios tersebut sudah berdiri dari tahun 2017.”Kalau pun 75 kios tersebut dibangun di fasilitas umum tidak menjadi persoalan,sebab menyangkut hajat hidup orang banyak,”jelasnya.

Karena disebut-sebut nama mantan dirut PD Pasar Beny Sihotang dalam persoalan pembangunan 75 kios di pusat pasar suamj anggota komisi III DPRD Medan Dame Duma Sari langsung angkat bicara sejak zaman walikota Rahudman Harahap pemvangunan 75 kios tersebut tidak diperbokehkan,karena itu adalah fasilitas umum.

Walaupun begitu tidak terlalu menyalahkan Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya “Mana mungkin Pak Rusdi mau membangun kios yang dilarang kalau tidak ada sesuatu,”jelasnya.

Sementara itu Kabid Ekonomi Bappeda Medan Regen kebijskan Dirut PD Pasar keliru membsngun 75 kios di lantai 3 pusat pasar,karena tidak adanya persetujuan dari badan pengawas.

Namun Dirut PD Pasar Rusdi Sinuraya menyangkal hal itu,dalam persoslan ini dirut PD Pasar mempunyai kewenangan dalan merenopasi dan membsngun kios di pasar.

Untuk itu Komisi III DPRD Medan senin drpsn menjadwalksn akab melihat langsung kelokasi guna membuat rekomundasi de Pemko Medan agar tidak terjadj pembongkaran 75 kios di pusat pasar. (Red)

Komentar

Berita Lainnya