oleh

Bahrumsyah: Masalah Kesehatan Belum Kelar

MEDAN – Ketua Komisi II DPRD Kota Medan, Bahrumsyah, mengatakan persoalan kesehatan masih menjadi masalah di tengah-tengah masyarakat Kota Medan. Sebab, Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan, masih belum refresentatif.

Hal itu diungkapkan, Bahrumsyah, kepada wartawan, Selasa (28/5/2019) melihat kondisi kesehatan masyarakat Kota Medan saat ini.

Ketua Fraksi PAN ini menyebutkan, sejauh ini masih ditemukan sejumlah persoalan kesehatan di Kota Medan, seperti gizi buruk dan penyakit tuberklosis (TB).

Padahal, katanya, Kota Medan memiliki 39 Puskesmas dan 41 Pustu. Namun, pola pelayanan yang diberikan hanya bersifat menunggu.

“Seharusnya, Puskesmas itu menjemput bola dan bukan menunggu,” ujarnya.

Saat ini juga, sebut Bahrumsyah, banyak rumah sakit di Kota Medan membludak, akibat Puskesmas tidak mampu memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat. “Puskesmas hari ini hanya sebagai tempat untuk mengambil rujukan,” katanya.

Menurut Bahrumsyah, jika Puskesmas rawat inap yang dimiliki oleh Kota Medan dimaksimalkan pelayanannya, tentunya tidak akan banyak masyarakat brobat ke rumah sakit.

“Kita kan punya Puskesmas rawat inap, itu saja yang dimaksimalkan. Jika itu dimaksimalkan pelayanannya, tentunya tidak akan banyak masyarakat berobat ke rumah sakit,” katanya mengulangi. (Red)

Komentar

Berita Lainnya